fitri, fitri suharyanti (2025) KEBIASAAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 4 SUMBERKOLAK KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. ABSTRAK Membaca merupakan salah satu pintu utama untuk dapat mengakses pengetahuan. Pengetahuan ini tentunya akan dapat memahami dan dikuasai secara maksimal melalui proses belajar yang giat, tekun dan terus menerus. Proses belajar yang efektif antara lai.
|
Text
Skripsi Fitri Suharyanti.doc Download (1MB) |
||
|
Text
artikel fitri rpl (1).pdf Download (892kB) |
||
|
Text
ARTIKEL RPL FITRI.docx Download (35kB) |
||
|
Image
WhatsApp Image 2025-11-11 at 10.13.56.jpeg Download (109kB) | Preview |
|
|
Image
WhatsApp Image 2025-11-11 at 10.13.56 (1).jpeg Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Membaca merupakan salah satu pintu utama untuk dapat mengakses pengetahuan. Pengetahuan ini tentunya akan dapat memahami dan dikuasai secara maksimal melalui proses belajar yang giat, tekun dan terus menerus. Proses belajar yang efektif antara lain dilakukan dengan melakukan aktivitas membaca itu sendiri. Dengan bekal pengetahuan itulah manusia mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kehidupannya. Tanpa adanya pengetahuan, tentunya manusia akan banyak menemui kesulitan dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapinya. Sekolah Dasar sebagai bagian dari pendidikan dasar 9 tahun merupakan suatu lembaga pendididkan pertama yang menekankan siswa belajar membaca, menulis, serta menghitung. Kecakapan ini merupakan landasan, wahana dan syarat yang mutlak bagi siswa untuk belajar menggali serta menimba ilmu pengetahuan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa kelas II SDN 4 Sumberkolak. Penelitian ini berupa jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 4 Sumberkolak yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah kebiasaan membaca siswa kelas II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya aktivitas membaca yang dilakukan oleh siswa kelas II SDN 4 Sumberkolak diantaranya kebiasaan membaca dengan menggerakkan bibir untuk melafalkan kata yang dibacanya. Kebiasaan menggerakkan kepala kekiri dan kekanan dalam membacanya. Siswa pada saat membaca dengan menggunakan jari atau benda lain untuk menunjuk kata demi kata pada saat membacanya. Beberapa siswa melakukan kegiatan membaca dengan menggunakan orientasi dari kiri kekanan. Kebiasaan membaca menggunakan gerak bibir, jari telunjuk, dan menggerakkan kepala sewaktu siswa membaca dalam hati. Dalam kehidupan SD SD Negeri 4 Sumberkolak, dalam kesehariannya sangat banyak kebiasaan - kebiasaan khususnya kebiasaan membaca yang berlangsung otomatis baik oleh kalangan para siswa maupun oleh kalangan para guru. Kata Kunci: Membaca, Kebiasaan
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | fitri suharyanti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:24 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:24 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

