PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SALURAN DISTRIBUSI DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO PUPUK DAN PERTANIAN IWAN JAYA DI CARMEE KABUPATEN BONDOWOSO MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Adrian, Fahrizal rizky (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SALURAN DISTRIBUSI DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO PUPUK DAN PERTANIAN IWAN JAYA DI CARMEE KABUPATEN BONDOWOSO MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, Universitas abdurrachman saleh situbondo.

[img] Text
Proposal Revisi terbaru (4).docx

Download (353kB)
[img] Text
JURNAL Adrian Fahrizal Rizky 202013101.docx

Download (361kB)

Abstract

ABSTRAK Adrian Fahrizal Rizky, NPM. 202013101, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Pupuk Dan Pertanian Iwan Jaya Di Cermee Kabupaten Bondowoso Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Saat ini, era globalisasi perkembangan dan pertumbuhan perekonomian global dewasa ini berpengaruh pada persaingan perusahaan jasa yang semakin kompetitif. Untuk memenangkan dan untuk tetap kompetitif dalam persaingan ini, perusahaan harus mengembangkan rencana yang tepat, yaitu dengan berusaha memuaskan kebutuhan serta keinginan pelanggan, memberi pelayanan terbaik dan menyediakan fasilitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga tujuan perusahaan dalam memperoleh laba bisa maksimal, serta dapat meraih loyalitas pelanggan dan membentuk hubungan yang kuat dengan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh Kualitas pelayanan, Saluran distribusi dan Fasilitas terhadap Loyalitas pelanggan pada Toko Pupuk dan Pertanian Iwan Jaya di Cermee Kabupaten Bondowoso melalui Kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toko Pupuk dan Pertanian Iwan Jaya. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan simple random sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Persamaan Struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan Smart PLS 3.0, menunjukan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan konsumen. Saluran distribusi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Fasilitas berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas pelanggan. Saluran distribusi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas pelanggan. Fasilitas berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa Kualitas pelayanan, Saluran distribusi, dan Fasilitas berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas pelanggan melalui Kepuasan konsumen. Kata kunci: Kualitas pelayanan, Saluran distribusi, Fasilitas, Loyalitas pelanggan, Kepuasan konsumen. ABSTRACT Adrian Fahrizal Rizky, NPM. 202013101, The Influence of Service Quality, Distribution Channels and Facilities on Customer Loyalty at the Iwan Jaya Fertilizer and Agriculture Store in Cermee, Bondowoso Regency through Consumer Satisfaction as an Intervening Variable. Currently, the era of globalization, development and growth of the global economy today has an impact on increasingly competitive service companies. To win and to remain competitive in this competition, companies must develop the right plan, by trying to satisfy customer needs and desires, provide the best service and provide facilities according to customer needs. So that the company's goal is to obtain maximum profits, and to achieve customer loyalty and form strong relationships with consumers. The aim of this research is to analyze and test the influence of service quality, distribution channels and facilities on customer loyalty at the Iwan Jaya Fertilizer and Agriculture Shop in Cermee, Bondowoso Regency through consumer satisfaction as an intervening variable. The populations in this study were customers of the Iwan Jaya Fertilizer and Agriculture Shop. The sampling technique was determined by simple random sampling. The data analysis and hypothesis testing in this research used Structural Equation Analysis - Partial Least Square (PLS-SEM). The results of the direct influence hypothesis test using Smart PLS 3.0 show that service quality has a significant positive effect on consumer satisfaction. The distribution channels have a positive but not significant effect on consumer satisfaction. Facilities have a significant positive effect on consumer satisfaction. The service quality has a significant positive effect on customer loyalty. The distribution channels have a positive but not significant effect on customer loyalty. The facilities have a significant positive effect on customer loyalty. The consumer satisfaction has a significant positive effect on customer loyalty. The results of the indirect influence hypothesis test show that service quality, distribution channels and facilities have a positive but not significant effect on customer loyalty through consumer satisfaction. Keywords: Service quality, distribution channels, facilities, customer loyalty, consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Depositing User: Adrian fahrizal rizky
Date Deposited: 28 Oct 2025 05:02
Last Modified: 28 Oct 2025 05:02
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item