PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 1 GUDANG ASEMBAGUS TAHUN AJARAN 2025/2026

AZHUL, AZHUL HAFIDAYAH (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 1 GUDANG ASEMBAGUS TAHUN AJARAN 2025/2026. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MATA PELAJRAN IPAS DI SDN 1 GUDANG ASEMBAGUS TAHUN AJARAN 2026/2026.

[img] Text
artikel azhul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
azul turnitin revisi.docx

Download (87kB)
[img] Text
Skripsi AZHUL HAFIDAYAH 202010041.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik dalam penerapan media pembelajaran Powerpoint interaktif. Analisis dari permasalahan yang dimaksud merupakan Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, faktor seperti minat serta motivasi diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rendahnya motivasi yang dimiliki siswa dapat memengaruhi peningkatan hasil belajar mereka. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa adalah dengan menerapkan media interaktif dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian siswa kelas IV A di satu kelas yang berjumlah 17 peserta didik dan IV B disatu kelas yang berjulah 17 peserta didik . Dalam penelitian ini siswa diberikan 20 soal IPAS dalam bentuk pilihan ganda, kemudian dianalisis kesalahannya berdasarkan kelas IV A ada 3 soal kategori kesalahan dan IV B ada 1 soal kategori kesalahan dilanjutkan mewawancarai siswa dengan jenis kesalahan yang berbeda untuk setiap kategori kesalahannya. Diperoleh simpulan, jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik saat mengerjakan soal, Adapun penyebabnya adalah karena tidak paham dengan adanya metode pembelajaran ceramah akan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPAS materi sumber energi, guru diperlukannya media pembelajaran interaktif, guru hanya menggunakan video pembelajaran, buku materi, LKS, dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar. Dengan demikian mengakibatkan siswa tidak mampu memiliki kemampuan berfikir logis, kreatif, analitis, sistematis, dan tidak mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Kesimpulan dari keseluruhan hasil penelitian yaitu pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa hanya tidak tuntas dimana nilai ketuntasannya hanya mencapai 5,89% dan pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran powerpoint, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa berada pada kategori tuntas dimana nilai ketuntasannya mencapai 88,24%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AZHUL HAFIDAYAH HIKMAH
Date Deposited: 11 Nov 2025 08:23
Last Modified: 11 Nov 2025 08:23
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item