Pola Pembelajaran Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus SDN 2 Kilensari)

Halimatus, Halimatus Sa'diya Pola Pembelajaran Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus SDN 2 Kilensari). Pola Pembelajaran Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus SDN 2 Kilensari). (Unpublished)

[img] Text
JURNAL_POLA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.docx

Download (79kB)
[img] Text
HALIMATUS SA'DIYA_201910032_2023_JURNAL TURNITIN.pdf.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas 201910032.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola mengajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di SDN 2 Kilensari dan mendeskripsikan latar belakang pelaksanaan sekolah inklusi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan ialah menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yakni : 1). SDN 2 KILENSARI merupakan sekolah inklusi akan tetapi guru dengan latar belakang bukan Sarjana S-1 Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), tetapi mereka mendapatkan pelatihan dan dukungan dalam menghadapi tantangan mengajar anak ABK. 2). Proses pembelajaran matematika bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 2 KILENSARI dilakukan secara inklusif, siswa normal reguler dan ABK belajar dalam satu kelas yang sama. Penerapan settingan sosiometri dalam penempatan tempat duduk siswa ABK yang mana bertujuan untuk membantu mobilitas belajar peserta didik ABK. 3). Pola mengajar guru cenderung menggunakan praktek dan penggunaan pendekatan urutan belajar yang bersifat perkembangan, dimana materi disesuaikan secara bertahap dari yang konkret hingga pada akhirnya pada yang abstrak. Model pembelajaran yang digunakan adalah Applied Behavior Analysis (ABA) bertujuan untuk mengubah tingkah laku tidak adaptif, kebiasaan-kebiasaan yang tidak adaptif dilemahkan, dikurangi dan dihilangkan, sedangkan perilaku yang adaptif ditimbulkan dan dikokohkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Matematika anak berkebutuhan khusus, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HALIMATUS SA'DIYA
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:12
Last Modified: 01 Jul 2025 04:12
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item