ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN

rofiq, rofiq darmawan (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN. ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN.

[img] Text
Artikel rofik.docx

Download (28kB)
[img] Text
Artikel_rofik.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2025-04-22 at 12.10.18.jpeg

Download (923kB) | Preview

Abstract

ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN Rofiq Darmawan.1), Ach. Munawi Husein, M.Pd 2), Putu Eka Suarmika, ST, M.Pd3). Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Email: [email protected] Abstrak Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana guru berkontribusi pada pembentukan karakter siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Panarukan. Dengan fokus pada lima tugas utama guru sebagai instruktur, demonstrator, pengelola kelas, penggerak, dan penilai penelitian ini mengungkapkan bagaimana setiap peran berkontribusi pada nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, disiplin, mandiri, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Temuan utama: (1) Peran guru sebagai pendidik mengajarkan nilai-nilai karakter melalui kurikulum dan kegiatan seharihari, sebagai demonstrator memberikan contoh konkret mengenai perilaku yang diharapkan, sebagai pengelola kelas menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk pembelajaran karakter, sebagai motivator mendorong siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai karakter, dan sebagai evaluator mengukur perkembangan karakter siswa melalui penilaian yang berkelanjutan. (2) Faktr pendukung yaitu Lingkungan keluarga dengan dukungan orang tua dan keluarga sangat memengaruhi kepribadian siswa. Selain itu, sarana dan prasarana sekolah harus memenuhi standar, mendukung perkembangan dan pembelajaran karakter. Faktor penghambat yaitu lingkungan keluarga ketidakstabilan atau kurangnya perhatian dari keluarga dapat menghambat pembentukan karakter siswa. Untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang keadaan yang diteliti, pendekatan kualitatif deskriptif digunakan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan sebelum diproses melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan untuk memverifikasi keabsahan data. Di SD Muhammadiyah 1 Panarukan, peran guru sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Dukungan dari lingkungan keluarga dan sarana prasarana juga berkontribusi positif, sementara hambatan dari lingkungan keluarga dan metode pengajaran perlu diatasi agar pembentukan karakter siswa dapat optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk peningkatan kerjasama antara sekolah dan keluarga dalam mendukung pembentukan karakter siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rofiq Darmawan
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:17
Last Modified: 22 Apr 2025 05:17
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item