MOHAMMAD, AINUL YAQIEN (2024) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat membayar pajak bumi bangunan desa sumberkolak kecamatan situbondo. Other thesis, Universitas Abdurahman Saleh.
Text
2. Jurnal.docx Download (68kB) |
||
Text
3. Jurnal Turnitin Yaqin.pdf Download (2MB) |
||
|
Image
Surat orisinalitas_yaqien.jpg Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mohammad Ainul Yaqien, NPM. 202214097, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Masyarakat Membayar Pajak Bumi Bangunan Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Pajak Bumi dan Bangunan baik itu di wilayah Perdesaan dan Perkotaan merupakan objek pajak yang memiliki prosentase tinggi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, dan juga yang terjadi di Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Dalam proses pembayaran PBB ini maka pelayanan publik diharapkan memuaskan pihak warga masyarakat sebagai wajib pajak. Harapannya, semakin baik pelayanan yang dilakukan maka akan banyak pula wajib pajak yang akan membayarkan PBB sehingga akan meningkatkan jumlah penerimaan PBB di kantor Desa Sumberkolak Sumberkolak Kecamatan Panarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh serta besarnya besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan masyarakat Membayar Pajak Bumi Bangunan Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Menggunakan metode dan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menghasilkan analisa di lapangan dengan menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya disertai dengan tabel, grafik dan gambar. Hasil penelitian menyatakan, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasaan masyarakat membayar Pajak Bumi Bangunan Desa Sumberkolak, dibuktikan Fhitung > Ftabel (48,049 > 4,08), sedangkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan adalah 6,932 dan lebih besar daripada ttabel. (6,932>2.02108). Nilai koefesien determinasi sebesar 0,546 atau 54,6 % Kualitas Pelayanan berkontribusi sebesar 54.6% terhadap kepuasan masyarakat, sisanya sebesar 45,4% merupakan variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JQ Political institutions Asia |
Depositing User: | MOHAMMAD AINUL YAQIEN |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:04 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:04 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2154 |
Actions (login required)
View Item |