Adisti, Maya Octaviani and Nuris Hidayat,, M.Pd and Nani Farah Fasica,, M.Pd (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI GUGUS 1 KECAMATAN ARJASA TAHUN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
|
Text (Artikel)
JURNAL SKRIPSI ADISTI BARU.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
JURNAL SKRIPSI ADISTI BARU.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Image (Orisinalitas)
IMG-20251203-WA0006.jpg Restricted to Repository staff only until 31 December 2025. Download (356kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas V Gugus I Kecamatan Arjasa Tahun Ajaran 2024/2025 yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pengambilan keputusan sisa di kelas v pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Gugus 1 Kecamatan Arjasa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan pengambilan keputusan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas v Gugus 1 Kecamatan Arjasa tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dengan bentuk desain nequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran group investigation dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kusioner untuk tes kemampuan pengambilan keputusan yang dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan 36 item pernyataan di nyatakan valid atau > 0,248 dan 9 item pernyataan tidak valid atau < 0,248. Uji reliabilitas sebesar 0,890 > 0,60. Uji preryaratan analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas shapiro wilk, tingkat signifikansi eksperimen 0,212 > 0,05 dan kontrol 0,146 > 0,05. Uji prasyarat analisis uji homogenitas 0,095 > 0,05. Pengambilan keputusan hipotesis dilihat dari p-value (sig2-tailed) yaitu 0.000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelompok. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berpengaruh terhadap kemampuan pengambilan keputusan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas v Gugus 1 Kecamatan Arjasa tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Depositing User: | Adisti Maya Octaviana |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:34 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:34 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

