Siti, Khoiriyatul Fajriyah and Dodik, Eko Yulianto and Aenor, Rofek (2025) Pengaruh penggunaan model pbl perbantuan media puzzle board terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 1 Gelung kecamatan panarukan kabupaten situbondo tahun ajaran 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurrahman shaleh Situbondo.
|
Text (Artikel ori)
Jurnal siti khoiriyatul fajriyah .pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
|
Text (Artikel turnitin)
Jurnal turnitin Siti Khoiriyatul Fajriyah .pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
|
|
Image (Persyaratan orisinalitas)
IMG-20251027-WA0018.jpeg Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Board terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 1 Gelung.” Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar, khususnya di kelas V SD Negeri 1 Gelung. Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, menakutkan, dan membingungkan oleh sebagian besar siswa. Prasangka negatif terhadap matematika menyebabkan siswa menjadi kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Kondisi ini menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran, baik dari segi pendekatan maupun media yang digunakan. Salah satu model pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah Problem Based Learning (PBL). Model ini berfokus pada keterlibatan aktif peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk mendukung keberhasilan penerapan model ini, digunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, yaitu puzzle board. Puzzle board sebagai media konkret diyakini dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi abstrak dalam matematika karena bersifat visual, manipulatif, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media puzzle board terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 1 Gelung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental. Teknik pengumpulan data meliputi: nilai harian siswa sebagai data utama, serta observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimenyang diberi perlakuan dengan model PBL berbantuan puzzle board, dan kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar yang terdiri atas 20 butir soal. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh butir soal valid dengan nilai koefisien korelasi lebih dari 0,444. Uji reliabilitas memperoleh nilai sebesar 0,871, yang menunjukkan bahwa instrumen tes memiliki tingkat reliabilitas tinggi (> 0,70). Uji prasyarat analisis dilakukan melalui uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors. Hasilnya, data dari kelas eksperimen (0,042 > 0,05) dan kelas kontrol (0,028 > 0,05) berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel (1,31 < 2,48), sehingga data kedua kelompok dianggap homogen. Selanjutnya, uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dua sampel independen. Diperoleh Thitung sebesar 3,103, sedangkan Ttabel sebesar 2,048. Karena Thitung > Ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan puzzle board terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan puzzle board terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V, dan direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Kata kunci: Problem Based Learning, Puzzle
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Depositing User: | Siti Khoiriyatul Fajriyah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:28 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 02:28 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

