ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS IV AROFAH DI SD ISLAM MUHAMMADIYAH 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Debby, Maulidiansyah Rosanda and <font dir="auto" style="vertical-align: inherit;"><font dir="aut, <font dir="auto" style="vertical-align: inherit;"><font dir="aut and <font dir="auto" style="vertical-align: inherit;"><font dir="aut, <font dir="auto" style="vertical-align: inherit;"><font dir="aut (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS IV AROFAH DI SD ISLAM MUHAMMADIYAH 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text (Artikel)
Artikel - DEBBY MR-1.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Artikel_-_DEBBY_MR (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (Orisinalitas Debby)
Orisinalitas Debby.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mene menganalisis secara mendalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka dengan tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dan topik "Ecobrick, Solusi Cerdas Selamatkan Lingkungan" pada kelas IV Arofah di SD Islam Muhammadiyah 1 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025. Dalam konteks pendidikan nasional yang tengah mengalami transformasi melalui Kurikulum Merdeka, Projek P5 menjadi instrumen penting dalam penguatan karakter siswa dengan pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru wali kelas (Bu Fitri Rahayu, S.Pd), kepala sekolah (Rahmatul Irfan Fanany), serta lima siswa perwakilan, dan dokumentasi kegiatan selama lima kali pertemuan. Proyek dilaksanakan melalui lima tahap utama: pengenalan, kontekstualisasi, pengantar aksi, aksi, dan refleksi serta tindak lanjut. Pada tahap pengenalan dan kontekstualisasi, siswa dikenalkan pada isu lingkungan dan memahami dampak kerusakan alam melalui diskusi dan eksplorasi visual. Pada tahap pengantar aksi dan aksi, siswa berlatih kerja kelompok, mengumpulkan sampah plastik, dan membuat ecobrick sebagai bentuk nyata kepedulian lingkungan. Dalam tahap refleksi, siswa menyampaikan pengalaman serta menumbuhkan motivasi untuk berperilaku ramah lingkungan dalam kehidupan seharihari. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi proyek ini mampu meningkatkan kesadaran ekologis siswa, memperkuat nilai-nilai gotong royong dan akhlak terhadap alam, serta menumbuhkan inisiatif kolaboratif di dalam dan luar sekolah. Terlihat pula antusiasme tinggi dari siswa dan keterlibatan aktif keluarga serta komunitas sekitar dalam mendukung keberlanjutan proyek. Nilai-nilai utama dari Profil Pelajar Pancasila yaitu dimensi “Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia” serta “Gotong Royong” telah terinternalisasi secara signifikan. Hasil karya berupa ecobrick digunakan sebagai alat edukatif yang berdampak pada perubahan perilaku peserta didik dalam pengelolaan sampah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi P5 dalam bentuk proyek ecobrick tidak hanya relevan secara kurikuler tetapi juga efektif dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan secara konkret dan berkelanjutan. Rekomendasi yang diajukan adalah perlunya replikasi model proyek serupa di sekolah lain, pelatihan intensif guru untuk penyusunan dan pelaksanaan proyek kontekstual, serta integrasi hasil proyek dengan kegiatan sekolah berbasis komunitas untuk memperluas dampaknya. Abstrak ini diharapkan dapat menjadi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Debby Maulidiansyah Rosanda
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:06
Last Modified: 28 Oct 2025 07:06
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4311

Actions (login required)

View Item View Item