Yulia, Nurhidayati and Afif, Amroellah and Dodik, Eko Yulianto (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMAHAMI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS V DI SD ISLAM MUHAMMADIYAH 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
|
Text (Artikel)
Artikel - Yulia Nurhidayati LG.pdf Restricted to Repository staff only until 31 October 2025. Download (543kB) | Request a copy |
|
|
Text (Orisinalitas)
ori yulia.pdf Restricted to Repository staff only until 31 October 2025. Download (318kB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi)
Yulia Fix betul (2).pdf Restricted to Repository staff only until 31 October 2025. Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Artikel - Yulia Nurhidayati cuy (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only until 31 October 2025. Download (793kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pendidikan abad ke-21 yang perlu dikembangkan sejak dini, terutama melalui mata pelajaran yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan moral seperti Pendidikan Pancasila. Namun, dalam praktik pembelajaran di sekolah dasar, materi Pendidikan Pancasila sering kali dianggap abstrak dan kurang menarik, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami serta menginternalisasi nilai-nilai yang diajarkan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif siswa, salah satunya melalui penggunaan media animasi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Muhammadiyah 1 Panji Situbondo dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dengan sampel terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 25 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media animasi sebagai alat bantu pembelajaran, sementara kelas kontrol diajar dengan metode konvensional yang mengandalkan ceramah dan diskusi tanpa media visual interaktif. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal uraian, yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri. Sebelum digunakan, instrumen tes telah melalui proses validasi isi dan uji reliabilitas untuk memastikan bahwa alat ukur benar-benar sesuai dengan tujuan pengukuran. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t (independent sample t-test) untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil post-test kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata skor kelas eksperimen mencapai 90,8, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 83,2. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yang berarti perbedaan tersebut signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi secara efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga siswa lebih mudah memahami dan menganalisis konsep-konsep yang diajarkan. Selain itu, media animasi juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, membangkitkan rasa ingin tahu, dan mendorong mereka untuk berpikir lebih mendalam dan reflektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif, serta memberikan bukti empiris bahwa media animasi tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki nilai pedagogis yang tinggi dalam mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: media animasi, berpikir kritis, Pendidikan Pancasila
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Depositing User: | YULIA NURHIDAYATI |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:01 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:24 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

