Sofi, yati and Mufarrahatus, Syarifah and Winditiya, Yuliana (2025) Penerapan pembelajaran matematika berbantuan Bahan manipulatif pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah untuk siswa kelas 1 MI Sunan Giri kecamatan Banyuputih kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman saleh.
|
Text (Artikel)
Sofiyati.pdf Restricted to Repository staff only until 30 October 2025. Download (204kB) | Request a copy |
|
|
Text (Orisinalitas Sofiyati)
Orisinalitas Sofi.pdf Restricted to Repository staff only until 30 October 2025. Download (297kB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin Sofiyati)
Sofiyati-1.pdf Restricted to Repository staff only until 30 October 2025. Download (274kB) | Request a copy |
Abstract
Media manipulatif ini membantu membuat konsep matematika yang abstrak lebih relevan. Media manipulatif terdiri dari benda-benda yang dapat kita raba, raba, dan rasakan di sekitar kita. Usia, tingkat kesiapan, dan kematangan siswa memungkinkan media ini dimanipulasi dan diubah, yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Arikunto, (Ainiyati et al. 2023) mengemukakan bahwa tindakan kelas adalah metode penelitian yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Keunggulan dari penelitian ini terletak pada penerapan tindakan atau siklus yang berulang guna meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran matematika berbantuan bahan manipulatif dan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran matematika topik penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Data diperoleh dengan menggunakan analis deskriptif baik pada data kualitatif maupun kuantitatif yang menggunakan rumus mencari nilai rata-rata skor di setiap siklus. Temuan penelitian Dengan menggunakan media bahan manipulatif, siswa menjadi lebih aktif dan tidak bosan dalam belajar. Dengan bahan manipulatif seperti stik es krim, mereka dapat belajar penjumlahan dan pengurangan jumlah cacah sambil bermain. Dengan bantuan bahan manipulatif, kemampuan siswa untuk menjumlahkan dan mengurangi bilangan cacah sampai dua puluh meningkat. Hasil belajar siswa kelas I menunjukkan peningkatan yang positif setelah penerapan pendekatan pembelajaran ini. Siswa mampu memahami materi penjumlahan dan mengurangi bilangan cacah dari 1 hingga 20, menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengerjakan soal, dan menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar. Ini dapat dilihat dari hasil ujian setelah belajar. Kata kunci: penerapan pembelajaran matematika, bahan manipulatif, bilangan cacah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | sofiyati |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:55 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:55 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

