Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematika di Sdn 3 Patokan Situbondo

Tania, Zela Yurike and Winditiya Yuliana,, M.Pd) and Ratih Kesuma Dewi, M.Pd, B.A (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematika di Sdn 3 Patokan Situbondo. Other thesis, Universitas Abdurahman Saleh Situbondo.

[img] Text (Artikel)
Artikel - Tania ZY.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 October 2025.

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (Turnitin)
Artikel - TANIA ZELA-2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 30 October 2025.

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (Pernyataan Orisinalitas)
Orisinalitas Tania.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 October 2025.

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas 2 dalam mata pelajaran Matematika di SDN 3 Patokan Situbondo. Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika yang dialami oleh siswa kelas rendah di sekolah dasar, yang disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik, bersifat monoton, dan belum memanfaatkan media berbasis teknologi secara optimal. Wordwall hadir sebagai media pembelajaran digital yang menggabungkan unsur permainan dan interaktivitas sehingga mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain penelitian Post test Only Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, di mana nilai kelas eksperimen lebih tinggi. Dengan demikian, penggunaan media Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Tania Zela Yurike
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:01
Last Modified: 28 Oct 2025 07:01
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item