NUVA, YULI ASTURIK and AENOR, ROFEK, M.Pd and DODIK, EKO YULIANTO, M.Pd (2025) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas III di sd islam muhammadiyah 1 panji situbondo tahun pelajaran 2024/2025. Other thesis, Universitas abdurahman saleh situbondo.
|
Text (Orisinalitas)
Ori nuva.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
|
Text (Artikel)
Artikel - nuva yuli astutik-1(1)(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
|
Text (Turnitin)
Artikel - nuva yuli astutik-1 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang cenderung konvensional, bersifat verbalistik, dan minim penggunaan media yang menarik. Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran yang memuat nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara membutuhkan pendekatan pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan mudah dipahami oleh siswa Sekolah Dasar. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah media audio visual, karena mampu menyajikan informasi secara menarik melalui kombinasi unsur suara dan gambar bergerak sehingga dapat membantu siswa memahami materi secara lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas III SD Islam Muhammadiyah 1 Panji Situbondo tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design, di mana subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media audio visual seperti video animasi dan presentasi interaktif, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode konvensional melalui ceramah dan diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Islam Muhammadiyah 1 Panji yang berjumlah 50 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 25 siswa, dipilih secara acak. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 butir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji-t (independent sample t-test) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan diberikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kedua kelompok. Selain itu, selama proses pembelajaran berlangsung, siswa di kelompok eksperimen terlihat lebih antusias, aktif bertanya, dan mampu menjelaskan materi dengan baik setelah pembelajaran menggunakan media audio visual. Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual tidak hanya efektif dalam meningkatkan aspek kognitif siswa, tetapi juga berdampak pada motivasi dan keterlibatan belajar mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan media ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran yang menekankan pada pemahaman nilai dan konsep abstrak di tingkat Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Depositing User: | NUVA YULIA ASTUTIK |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 03:27 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 03:27 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

