Alfin, Riadi and Ach Munawi Husein, S.S, M.Pd and Putu Eka Suarmika,, , ST, M.Pd (2025) PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 CURAH JERU TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman saleh Situbondo.
|
Text (JURNAL ORI)
Jurnal Alfin Riadi (202110027) (FKIP)-1.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Jurnal Ori)
Jurnal Alfin Riadi (202110027) (FKIP)-1.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Orisinalitas)
CamScanner 21-10-2025 20.33.pdf Download (385kB) |
|
|
Text (Jurnal turnitin)
Jurnal Alfin Riadi (202110027) (fkip). (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiriterbimbing berbantuan media manipulatif terhadaphasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Curah Jeru, Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimentdengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random samplingyang terdiri dari kelas IV-B sebagai kelaseksperimen (18 siswa) dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol(29 siswa), sehingga total sampel berjumlah 47 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar matematika. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada nilai posttest menunjukkan thitung11,79 > ttabel2,01, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kelas eksperimen mencapai rata-rata 84,44 yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (63,56). Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media manipulatif memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Depositing User: | Alfin Riadi |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 06:47 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 06:47 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

