Rahmat, Hidayat and Putu, Eka Suarmika and Ach, Munawi Husein (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Alat Peraga Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas IV DI SDN 2 Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Institut Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
|
Text (Artikel Fiks)
Rahmat Hidayat_202110046_2025_jurnal.pdf Restricted to Repository staff only until 22 October 2025. Download (633kB) |
|
|
Text (Artikel Turnitin)
artikel rahmat hidayat-1.pdf Restricted to Repository staff only until 22 October 2025. Download (1MB) |
|
|
Text (Orisinialitas)
CamScanner 21-10-2025 07.55.pdf Restricted to Repository staff only until 22 October 2025. Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan alat peraga puzzle terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas IV di SDN 2 Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, pada Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman konsep geometri pada siswa, yang disinyalir akibat terbatasnya inovasi dalam model pembelajaran serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan model PBL berbantuan puzzle, dan kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep geometri, dan analisis data menggunakan teknik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen tercatat sebesar 79,75, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 70,79. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel pada tingkat signifikansi 0,05, yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh alat peraga puzzle memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep geometri siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Puzzle, Pemahaman Konsep, Geometri, Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Depositing User: | RAHMAT HIDAYAT |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:10 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:10 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

