PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI PRAJEKAN KIDUL 1 TAHUN AJARAN 2024/2025

Rizqiya, Islamiyah and Gustilas, Ade Setiawan and Putu, Eka Suarmika (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI PRAJEKAN KIDUL 1 TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text (artikel fikss)
Artikel Rizqiya Islamiyah (NPM 202110033).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text (artikel turnitin)
Artikel_Rizqiya_Islamiyah 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Image (persyaratan orisinalitas)
orisionalitas.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media aplikasi bamboozle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Prajekan Kidul 1 Tahun ajaran 2024/2025 yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar, masih menggunakan model konvensional dan ketika pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran di SDN Prajekan Kidul 1.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning berbantuan media aplikasi baamboozle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Prajekan kidul 1 kabupaten Bondowoso tahun 2024/2025. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Peneliti menggunakan 2 sampel kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan 20 butir soal dinyatakan valid atau rhitung > rtabel 0,443. Dan hasil uji reliabilitas yaitu 0,893 > 0,443. uji normalitas yang mengahasilkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai 0,166 < 0,190 pada kelas eksperimen, kelas kontrol dengan nilai 0,087 < 0,190. dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data homogen dengan nilai 1,82 < 2,16. uji hipotesis yang menunjukkan hasil bahwa t hitung (3,61) > t tabel (2,02) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model problem based learning berbantuan media aplikasi baambozle terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: RIZQIYA ISLAMIYAH
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:01
Last Modified: 22 Oct 2025 06:01
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item