Analisis penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 2 Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2024/2025

Dea, Eka Pratiwi and Reky, Lidyawati and Afif, Amroellah (2025) Analisis penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 2 Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo.

[img] Text (artikel fiks)
artikel dea ekaaaaaa-1 (3).pdf
Restricted to Repository staff only until 21 October 2025.

Download (306kB)
[img] Text (Artikel turnitin)
artikel dea ekaaaaaa-1 (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 21 October 2025.

Download (715kB)
[img] Image (Persyaratan orisinalitas)
IMG-20251020-WA0013.jpg
Restricted to Repository staff only until 21 October 2025.

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 2 Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo 2024/2024. Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya partisipasi aktif siswa, kecenderungan sifat individual, serta belum optimalnya penerapan langkah-langkah diskusi kelompok oleh guru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi guru kelas IV, siswa, kepala sekolah. Data di analisis menggunakan model interaktif miles dan huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok berkontribusi positif terhadap peningkatan partisipasi aktif, kerja sama, keterampilan komunikasi, serta kemampuan berfikir kritis siswa. Diskusi kelompok juga memunculkan aspek afektif berupa rasa senang dan motivasi belajar. Namun, ditemukan kendala berupa perbedaan tingkat keaktifan siswa, keterbatasan pemahaman materi IPAS, serta variasi kualitas presentasi antar kelompok. Faktor pendukung penerapan metode ini adalah keterlibatan guru dalam membimbing, penggunaan bahasa daerah untuk menjembatani pemahaman, dan dukungan sarana prasaranan sekolah. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa diskusi kelompok efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS, baik pencapaian kompetensi akademik maupun pembentukan karakter. Agar lebih optimal, guru perlu menyiapkan strategi diferensiasi, media pembelajaran kontekstual, serta pembiasaan keterampilan presentasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: DEA EKA PRATIWI
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:44
Last Modified: 20 Oct 2025 04:44
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4226

Actions (login required)

View Item View Item