EVALUASI PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DI KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO

ADINDA, TRIA PURNAMA (2025) EVALUASI PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DI KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text
JURNAL TURNITIN ADINDA TRIA PURNAMA (202114016).pdf

Download (381kB)
[img] Text
JURNAL ADINDA TRIA PURNAMA sudah turnitin.pdf

Download (481kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS ADINDA (202114016) .docx

Download (14kB)

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan aspek penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan pemerintahan yang baik. Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Situbondo merupakan upaya strategis untuk mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Namun, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, terdapat beberapa kendala terutama masih terbatasnya sarana dan prasarana pendukung, belum optimalnya ketepatan waktu dalam pelaksanaan layanan, serta rendahnya pemahaman masyarakat terhadap prosedur pelayanan yang berlaku. Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis Evaluasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo dan Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat Evaluasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Camat Situbondo Informan Utama, Sekretaris Kecamatan, Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan, Staf Pelayanan Adminstrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), dan Masyarakat Penerima Layanan sebagai Informan Pendukung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara mendalam untuk mengevaluasi sejauh mana pencapaian program PATEN di Kecamatan Situbondo dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, kecamatan telah menunjukkan kesiapan melalui peningkatan kompetensi personil dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung pelayanan yang lebih efisien. Pada tahap pelaksanaan, masih terdapat kendala seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap prosedur administrasi, terbatasnya sosialisasi, serta hambatan teknis dan personil. Evaluasi rutin dan survei kepuasan masyarakat telah dilakukan sebagai langkah perbaikan. Pada tahap pasca pelaksanaan, pelayanan dinilai cukup baik, namun masih terdapat kekurangan sarana prasarana, terutama belum tersedianya layanan digital berbasis aplikasi Android. Oleh karena itu, pengembangan layanan digital menjadi rekomendasi utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa mendatang. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Evaluasi, PATEN, Kecamatan, Situbondo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Adinda Tria Purnama
Date Deposited: 17 Nov 2025 01:59
Last Modified: 17 Nov 2025 01:59
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item