Penanaman Pendidikan Karakter Pada Nilai Disiplin Terhadap Siswa Kelas IV Di SDN Kalitapen 2 Dalam Pembelajaran Pancasila

Nanda, Nanda and Heldie, Bramantha and Mory, Victor Febrianto (2025) Penanaman Pendidikan Karakter Pada Nilai Disiplin Terhadap Siswa Kelas IV Di SDN Kalitapen 2 Dalam Pembelajaran Pancasila. Other thesis, Universitas Abdurachman Shaleh Situbondo.

[img] Text (Artikel fiks)
Artikel Nanda pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (516kB)
[img] Text (Artikel turnitin)
artikel nanda.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (680kB)
[img] Text (Orisinalitas)
CamScanner 15-10-2025 13.43.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penanaman pendidikan karakter nilai disiplin kepada siswa kelas IV di SDN Kalitapen 2 melalui pembelajaran Pancasila. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan lokasi penelitian di SDN Kalitapen 2. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wali kelas IV, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru wali kelas IV (Renita Istifadah S.M), kepala sekolah (Nonik Evasusanti S.Pd ), guru (Erik Fajari S.Pd), serta siswa bernama fajra nada nadhifa dan yoga alwira rifki dan dokumentasi kegiatan selama 15 pertemuan. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan utama sebagai berikut: (1) Penerapan kedisiplinan dalam penyelesaian tugas, khususnya pada mata pelajaran Pancasila, sudah berlangsung cukup baik, meskipun masih ditemukan siswa yang kurang disiplin seperti menunda tugas atau menyalin pekerjaan teman. (2) Disiplin waktu tergolong baik; mayoritas siswa hadir tepat waktu, guru datang lebih awal, dan pembelajaran dimulai sesuai jadwal yang telah ditentukan. (3) Dalam kegiatan kerja kelompok, siswa menunjukkan sikap disiplin melalui pembentukan kelompok yang tertib, pembagian tugas yang adil, serta pelaksanaan kerja sama yang serius. (4) Kedisiplinan saat kepulangan sekolah telah berjalan dengan tertib, di mana siswa hanya diizinkan pulang setelah bel resmi berbunyi. (5) Pembelajaran Pancasila dilaksanakan secara rutin sesuai jadwal, yakni dua kali setiap minggu. (6) Siswa kelas IV sudah cukup baik dalam menjaga kebersihan kelas, terlihat dari kebiasaan rutin seperti piket harian, membuang sampah pada tempatnya, Jumat Bersih, merawat tanaman, dan ikut lomba kebersihan antar kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Nanda
Date Deposited: 24 Oct 2025 02:35
Last Modified: 24 Oct 2025 02:35
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item