Jastiyan Doni, Riski Pamungkas and Amalia Risqi, Puspitaningtyas and Reky, Lidyawati (2025) Pengaruh Multimedia Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SD Negeri 1 Gelung Kec.Panarukan Kab.Situbondo. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
|
Text (Artikel Fixs Jastiyan Doni Riski P)
DOC-20250729-WA0005.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
Jastiyan Doni Riski P.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (Artikel Turnitin Jastiyan Doni Riski P)
artikel jastiyan doni.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Image (Orisinalitas Jastiyan Doni Riski P)
IMG_202510289_133851420.jpg Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 1 Gelung, Kabupaten Situbondo. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam metode pembelajaran serta rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen post-test only control group design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media Kahoot, dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah sebagai pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 87,7 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,9. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung = 19,87 lebih besar dari tabel = 2,048 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Media ini terbukti mampu meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar guru-guru di sekolah dasar mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Kahoot dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran yang cenderung bersifat teoritis seperti Pendidikan Pancasila. Selain itu, pihak sekolah diharapkan menyediakan sarana pendukung yang memadai agar pembelajaran berbasis digital dapat diimplementasikan secara optimal. Kata kunci: Kahoot, multimedia pembelajaran, hasil belajar, Pendidikan Pancasila, eksperimen kuantitatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Jastiyan Doni Riski Pamungkas |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 03:42 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 03:42 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

