Aliyatul Hasanah, Ummul Mu'minin and Amalia Risqi, Puspitaningtyas and Mufarrahatus, Syarifah (2025) Analisis Peran Guru Dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah SDN Prajekan Kidul 3 Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
|
Text (Artikel fixs)
Artikel Aliya.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
|
Text (Artikel turnitin)
artikel alya.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
|
|
Text (Orisinalitas)
CamScanner 15-10-2025 13.42.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi baca-tulis siswa melalui pendekatan inovatif membaca bersama di kelas III SDN Prajekan Kidul 3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru wali kelas 3, kepala sekolah, tiga siswa perwakilan. dan dokumentasi kegiatan selama enam kali pertemuan. dengan fokus pada pembiasaan literasi dan strategi membaca kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran aktif sebagai fasilitator literasi, baik melalui pembacaan cerita nyaring, penyediaan pojok baca, maupun pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Guru juga menerapkan strategi membaca kelompok secara kolaboratif untuk membangun pemahaman bacaan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dua siswa yang mengalami kesulitan membaca, yaitu dalam aspek kelancaran membaca dan pembeda bunyi huruf, dibimbing secara individual melalui latihan fonemik, media visual interaktif, serta pendekatan multisensori. Pendekatan yang adaptif, konsisten, dan responsif terhadap kebutuhan siswa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan membaca. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya inovasi strategi pembelajaran literasi yang berpusat pada siswa dalam membangun kebiasaan literasi sejak dini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
| Depositing User: | Aliyatul Hasanah Ummul Mu'minin |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 02:38 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 02:38 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

