Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif wordwall terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 3 Patokan semester 2 tahun 2024/2025

Siti, Aminah and Nani, Farah Fasica and Gustilas, Ade Setiawan (2025) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif wordwall terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 3 Patokan semester 2 tahun 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurahman Saleh Situbondo.

[img] Text (Artikel ori)
Artikel Siti Aminah (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (403kB)
[img] Text (Artikel turnitin)
artikel siti aminah.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (663kB)
[img] Image (Persyaratan orisinalitas)
orisinalitas .jpg
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (232kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan MediaInteraktif Wordwall Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Semester 2 Di SDN 3 Patokan Tahun 2024/2025 yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa di kelas IV pada mata belajaran Bahasa Indonesia di SDN 3 Patokan. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh model problembasedlearningberbantuanmediainteraktifwordwallterhadapminatbelajarsiswapada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV semester 2 di SDN 3 Patokan tahun 2024/2025. Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdenganmenggunakanteknikpengumpulandata seperti observasi, angket, wawancaradan dokumentasi. Sampel penelitianterdiri dari 2 kelas, yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan 35 item pernyataan di nyatakan valid atau > 0,284 dan 5 item pernyataan tidak valid atau < 0,284. Uji reliabilitas sebesar 0,851 > 0,60. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas shapirowilk,tingkatsignifikansieksperimen0,733>0,05dankontrol0,183>0,05.Ujiprasyarat analisis uji homogenitas0,164 > 0,05. Pengambilan Keputusan hipotesis dilihat dari p-value (sig2-tailed) yaitu 0.002 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelompok.Dapatdisimpulkanbahwamodelproblembasedlearningberbantuanmediainteraktif wordwallberpengaruhterhadapminat belajar siswa padapelajaranBahasaIndonesiakelas IV semester 2 SDN 3 Patokan tahun 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: SITI AMINAH
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:42
Last Modified: 20 Oct 2025 04:42
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item