PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. MAHKOTA RAJA

Afrizal, Yoviandi and Yudha, Praja and Ayudita, Windraciptasari PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. MAHKOTA RAJA. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 4 (9). ISSN 2964-8750

[img] Text (Pernyataan orisinalitas)
pertanyaan orisinalitas.pdf

Download (325kB)
[img] Text (Turnitin Jurnal)
Afrizal 1-5 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text (Jurnal Ori)
JURNAL Afrizal Yofiandi 3.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan Electronic Word-of-Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian dan minat beli ulang pada UD.Mahkota Raja, dengan menempatkan keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian mengungkapkan temuan yang kompleks: secara langsung, kualitas produk dan E-WOM terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas pelayanan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Untuk minat beli ulang, hanya kualitas produk yang memiliki pengaruh langsung yang signifikan. Yang menarik, keputusan pembelian terbukti menjadi mediator yang sangat kuat, memberikan pengaruh signifikan positif terhadap minat beli ulang dan menjadi jalur tidak langsung yang signifikan bagi EWOM. Temuan ini menyimpulkan bahwa di UD. Mahkota Raja, konsumen lebih mengutamakan kesesuaian spesifikasi barang, kualitas produk, dan rekomendasi online (E-WOM) sebagai faktor penentu keputusan pembelian, yang pada akhirnya memicu minat untuk melakukan pembelian ulang. Implikasi praktis dari penelitian ini menekankan pada pentingnya fokus strategi bisnis pada konsistensi kualitas produk dan pengelolaan reputasi digital.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Afrizal Yoviandi
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:12
Last Modified: 09 Dec 2025 04:12
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/4057

Actions (login required)

View Item View Item