Sitti, Fatimah (2025) ANALISIS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SDN 4 TLOGOSARI KECAMATAN SUMBERMALANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman saleh Situbondo.
|
Text
artikel siti fatimah.pdf Download (895kB) |
|
|
Text
artikel sitti fatimah revisi-1.pdf Download (562kB) |
|
|
Text
IMG-20251009-WA0052.pdf Download (384kB) |
Abstract
Sitti Fatimah, NPM. 202010019, Analisis Penggunaan Metode Mind Mapping Kelas V Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila SDN 4 Tlogosari Kecamatan Sumbermalang Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian yang Berjudul Analisis Penggunaan Metode Mind Mapping Kelas V Mata Pelajaran Pendidikan Pancansila SDN 4 Tlogosari Kecamatan Sumbermalang Tahun Ajaran 2024/2025 yang dilatarbelakangi oleh menganalisis tentang penggunaan metode MindMapping kelas V mata pelajaran pendidikan pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis penaan metode Mind Mapping dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas V SDN 4 Tlogosari Kecamatan Sumbermalang Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan yang di temukan adalah siswa kurang aktif dan kesulitan memahami materi yang di sampaikan secara konvensional.penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Mind Mapping mampu meningkatkan partisipasi, kreativitas, dan daya ingat siswa dalam mempelajari nilai-nilai pancasila dan kebudayaan daerah. Teori Mind Mapping menurut buzan (2009) menyatakan bahwa metode ini membantu otak berfikir secara visual dan terstruktur sehingga memperkuat pemahaman. Penerapan metode ini secara konsisten memberikan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan. Katakunci: Mind Mapping, Pendidikan Pancasila, Kreativitas Siswa, Pemeblajaran Inovatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | K Law > K Law (General) |
| Depositing User: | Sitti Fatimah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:48 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:48 |
| URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

