Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

Ariqah, Wardah (2025) Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text (Ariqah Wardah Jurnal Turnitin)
JURNAL Ariqah Wardah sudah turnitin.pdf

Download (272kB)
[img] Text (Ariqah Wardah Jurnal)
JURNAL.pdf

Download (135kB)
[img] Text (Pernyataan Orsinalitas)
PERNYATAAN ORSINALITAS.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) merupakan harapan bagi setiap warga Negara dalam menjalankan sebuah pemerintahan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pada Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo belum optimalnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dalam pelayanan. Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis implementasi prinsip-prinsip Good Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi prinsip-prinsip Good Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Camat Panarukan Informan Utama, Sekretaris Kecamatan, Kasubag Umum Dan Kepegawaian Kecamatan, Staf Pelayanan Pelayanan Administarsi Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Masyarakat Penerima Pelayanan sebagai Informan Pendukung, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, yaitu partisipasi dengan melibatkan masyarakat dalam forum kegiatan seperti Forum Konsultasi Publik (FKP), Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), dan Mini Lokakarya (Minlok), meskipun belum merata karena keterbatasan informasi. Kepastian hukum diwujudkan melalui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan regulasi yang jelas, sementara transparansi meningkat melalui penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik Terpadu (SIPESAT) dan media sosial, meskipun masih terdapat kendala informasi. Aparatur menunjukkan daya tanggap melalui pelayanan cepat dan tanggap, serta prinsip keadilan tercermin dalam pelayanan yang non-diskriminatif. Efektivitas dan efisiensi didukung oleh digitalisasi dan pelimpahan kewenangan, akuntabilitas terjaga melalui evaluasi rutin, dan visi strategis diterapkan melalui pengukuran kinerja serta survei kepuasan masyarakat. Terdapat faktor pendukung, seperti komitmen pimpinan, keberadaan forum partisipatif, teknologi informasi, kepastian regulasi, dan sistem evaluasi. Sementara itu, faktor penghambat yaitu keterbatasan penyebaran informasi, rendahnya literasi digital, forum yang belum optimal, persepsi negatif terhadap biaya, serta ketergantungan pada figur pimpinan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Prinsip-Prinsip Good Governance, Kualitas Pelayanan
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Ariqah Wardah
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:04
Last Modified: 14 Oct 2025 06:04
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item