Winditiya Yuliana,, M.Pd) (2025) Analisis Implementasi Kurukulum Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) di Tingkat Sekolah Dasar. CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 9 (2). pp. 368-384. ISSN 2615-3238
![]() |
Text
Artikel Syarat Khusus Lektor - Winditiya Yuliana.pdf Download (410kB) |
Abstract
Perubahan dan perkembangan kurikulum pendidikan seolah terjadi begitu cepat, sehingga menuntut kami yang berprofesi sebagai dosen pencetak mahasiswa calon tenaga guru pendidik harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut yaitu dengan cara meningkatkan atau mengembangkan kompetensi diri disesuaikan dengan kebutuhan era kurikulum yang di iplementasikan di tingkat satuan pendidikan guru sekolah dasar. Proyeksi Pendidikan 2030 yang dilakukan oleh OECD, berdasarkan paradigma pembelajaran baru kompetensi tidak hanya fokus pada aspek kognitif, sikap, dan psikomotorik, tetapi juga ada value atau nilai yang melengkapi kompetensi murid. Saat ini, kualitas literasi dan numerasi, kesehatan mental dan sosial emosional murid merupakan pondasi atau prasyarat yang diperlukan murid untuk membangun kompetensi transformatif murid dengan siklus belajar Antisipasi, Aksi, Refleksi menuju pemelajar sepanjang hayat. Maka dari itu Pergantian kurikulum merupakan sesuatu yang wajar terjadi karena perubahan zaman dan perubahan kebutuhan di masing-masing satuan pendidikan Salah satu hal penting dalam kurikulum ini adalah kontekstual, sehingga satuan pendidikan dapat menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Winditiya Yuliana , M.Pd |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:22 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |