IMPLEMENTASI PROGRAM KEPENDUDUKAN DEKAT DI DESA (KENDEDES) DI DESA KETOWAN KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO

Randi Dana, Febriansa (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM KEPENDUDUKAN DEKAT DI DESA (KENDEDES) DI DESA KETOWAN KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO. Other thesis, UNIVERSITAS ABDURRAHMAN SALEH.

[img] Text
identifier_continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uCq4a28UcAud-Y7QpnO2QulYF-6kVVmW%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uCq4a28UcAud-Y7QpnO2QulYF-6kVVmW%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&ifk

Download (610kB)
[img] Text
identifier_continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uCq4a28UcAud-Y7QpnO2QulYF-6kVVmW%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uCq4a28UcAud-Y7QpnO2QulYF-6kVVmW%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&ifk

Download (610kB)
[img] Text
identifier_continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uCq4a28UcAud-Y7QpnO2QulYF-6kVVmW%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uCq4a28UcAud-Y7QpnO2QulYF-6kVVmW%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&ifk

Download (610kB)

Abstract

Abstrak Pelayanan KENDEDES di Desa Ketowam Kecamatan Arjasan Kabupaten Situbondo merupakan program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Situbondo sebagai sarana pelayanan masyarakat yang memberikan pelayanan seperti penerbitan akte kelahiran/kematian, Kartu keluarga, KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, akuntabel, efektif dan efisien ditingkat desa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi program KENDEDES Desa Ketowan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kualitatif, sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder, Pengempulan data terdiri dari observasi, Wwawancara, dokumentasi dan menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Indikator komunikasi belum terlaksana dengan baik, dikarenakan pada aspek transmisi dan aspek kejelasan masih ditemui kendala/hambatan yaitu banyak masyarakat yang kurang mengetahui adanya program KENDEDES karena kurangnya sosialisasi dari pihak kecamatan kepada masyarakat karena tidak ada anggaran dana yang digunakan. Namun, pada aspek konsistensi penyampaian informasi dikatakan konsisten hanya pada tatanan pembuat kebijakan yaitu Disdukcapil Situbondo kepada Desa Ketowan Kecamatan Arjasa, belum konsisten antara pelaksana kebijakan yaitu Desa Ketowan Kecamatan Arjasa kepada sasaran kebijakan yaitu masyarakat. 2) Indikator sumber daya belum sepenuhnya dikatakan terpenuhi, dimana pada sumber daya staff sudah memadai dan sudah sesuai dengan kompetensinya. Namun, pada aspek sumber daya anggaran dan aspek sumber daya fasilitas masih belum maksimal mengingat belum ada anggaran untuk mensosialisasikan program KENDEDES, dan pada aspek fasilitas masih terdapat kendala, yaitu kendala jaringan internet yang tidak stabil, blangko KTP-el yang sering mengalami keterlambatan, dan aplikasi SIAK yang sering mengalami server down sehingga pihak kecamatan harus menunggu persetujuan/verifikasi data dari pihak Dispendukcapil untuk membuka berkas yang mengalami masalah atau terjadi flek, sehingga berdampak pada estimasi waktu yang sudah ditentukan dalam SOP. 3) Indikator disposisi sudah dilaksanakan dengan baik,dimana pengangkatan birokrat sudah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki melalui pembekalan BIMTEK meskipun hanya dilakukan sekali dalam mengimplementasikan program KENDEDES sudah sesuai dengan tugas dan fungsinya dengan baik, dan untuk aspek insentif tidak adanya pemberian insentif karena tidak ada regulasi yang mengatur terkait pemberian insentif, namun tidak adanya pemberian insentif ternyata tidak mempengaruhi profesionalitas kinerja pegawai. 4) Indikator struktur birokrasi belum terlaksana dengan maksimal, dimana dalam aspek SOP sudah sesuai dengan SOP yang telah ditentukan namun karena terkadang terkendala sinyal sehingga proses pelayanan tidak sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan, sedangkan pada aspek fragmentasi sudah berjalan dengan baik dimana tidak ada pembagian tugas serta kewenangan telah terlaksana dengan baik dan tidak terjadi tumpang tindih. Kata kunci : Pelayanan KENDEDES Abstract KENDEDES services in Ketowam Village, Arjasan District, Situbondo Regency are a program of the Population and Civil Registration Office of Situbondo Regency as a means of public service that provides services such as issuing birth/death certificates, family cards, e-KTP and other population documents are required to provide quality, accountable, effective and efficient services at the village level. The purpose of the study was to determine the implementation of the KENDEDES program in Ketowan Village, Arjasa District, Situbondo Regency. The research method used was Qualitative, data sources consisted of primary and secondary sources, Data collection consisted of observation, interviews, documentation and using interactive analysis. Based on the results of the study, 1) Communication indicators have not been implemented properly, because in the transmission aspect and clarity aspect there are still obstacles/barriers, namely many people are not aware of the KENDEDES program due to the lack of socialization from the sub-district to the community because there is no budget used. However, in terms of consistency in delivering information, it is said to be consistent only at the policy maker level, namely the Situbondo Population and Civil Registry Office to Ketowan Village, Arjasa District, and has not been consistent between the policy implementers, namely Ketowan Village, Arjasa District, and the policy targets, namely the community. 2) The resource indicator has not been fully fulfilled, where the staff resources are adequate and in accordance with their competencies. However, in terms of budget resources and facility resources, it is still not optimal considering that there is no budget to socialize the KENDEDES program, and in terms of facilities, there are still obstacles, namely unstable internet network obstacles, e-KTP forms that are often delayed, and the SIAK application which often experiences server downtime so that the sub-district must wait for data approval/verification from the Population and Civil Registry Office to open files that have problems or spots, thus impacting the estimated time specified in the SOP. 3) The disposition indicator has been implemented well, where the appointment of bureaucrats is in accordance with the competencies possessed through the provision of BIMTEK even though it was only carried out once in implementing the KENDEDES program, it is in accordance with its duties and functions well, and for the incentive aspect, there is no provision of incentives because there are no regulations governing the provision of incentives, but the absence of incentives does not affect the professionalism of employee performance. 4) The bureaucratic structure indicator has not been implemented optimally, where in the SOP aspect it is in accordance with the SOP that has been determined, but because it is sometimes constrained by signals, the service process does not match the estimated time that has been determined, while in the fragmentation aspect it has been running well where there is no division of tasks and authority has been implemented properly and there is no overlap. Keywords: KENDEDES Service

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Randi Dana Febriansa
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:09
Last Modified: 13 Aug 2025 07:09
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item