BAYU, BAYU FAJAR DIANGGARA PUTRA (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DENGAN METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEMESTER GENAP DI SDN 8 MIMBAAN KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2024/2025 SKIRPSI Oleh: Bayu Fajar Dianggara Putra NPM 202010090. Masalah hasil belajar siswa ini tentunya tanggung jawab antara sekolah, masyarakat, orang tua, serta kemauan dan kemampuan pribadi siswa itu sendiri. Di sekolah anak didik sering beranggapan bahwa pelajaran IPS sangat gampang dan bisa atau di hafalkan mes.
![]() |
Text
SKRIPSI BAYU FAJAR DIANGGARA PUTRA FINAL.pdf Download (1MB) |
|
![]()
|
Image
Orisinalitas.jpeg Download (96kB) | Preview |
|
![]()
|
Image
Publikasi.jpeg Download (122kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Turnitin.pdf Download (501kB) |
Abstract
ABSTRAK Masalah hasil belajar siswa ini tentunya tanggung jawab antara sekolah, masyarakat, orang tua, serta kemauan dan kemampuan pribadi siswa itu sendiri. Di sekolah anak didik sering beranggapan bahwa pelajaran IPS sangat gampang dan bisa atau di hafalkan meskipun anak itu sering tidak masuk sekolah. Tetapi survey dilapangan nilai IPS sangat rendah sangat rendah atau jelek. Sebagai seorang guru maka hendaknya bisa membuat strategi baru supaya anak didik kita bisa termotivasi untuk belajar IPS. Jenis penelitian adalah jenis eksperimen. Penelitian dilakukan pada 1 kelas setiap sekolah di SDN 8 Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo yaitu dikelas IV Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Inquiry dan Metode Diskusi,Dari hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan t-tes diperoleh Thitung 3,53 serta Ttabel (pada taraf signifikan (α) 0,05 dengan derajat kebebasan 60) 2,00. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis yang mengacu pada ketentuan keputusan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode inkuiri di SDN 8 Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Kata kunci: Metode inquiry, Metode diskusi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Bayu Fajar dianggara putra |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:45 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |