Implementasi kurikulum merdeka di SDN 3 Wringin anom

Muhammad khalifar madani, Dani Implementasi kurikulum merdeka di SDN 3 Wringin anom. Implementasi kurikulum merdeka di SDN 3 Wringin anom.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
20250630_141407.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Journal Khalifar Madani.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Turnitin Khalifar_Madani.pdf

Download (438kB)

Abstract

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN 03 Wringin anom Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 03 Wringin anom telah berjalan secara bertahap pada pada kelas I dan III. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SDN 03 Wringin anom, 2)Untuk mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 03 Wringin anom, 3)Untuk mengetahui problematika dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 03 Wringin anom, 4)Untuk mengetahui upaya sekolah dalam mengatasi problematika kurikulum merdeka di SDN 03 Wringin anom. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa di SDN 03 Wringin anom telah menerapkan kurikulum secara bertahap dan pada kurikulum ini guru hanya sebagai motivator untuk peserta didik, setelah itu ada beberapa kesiapan guru maupun sekolah, yaitu dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam mengimplementasikan kurikulum ini, mengikuti KKG, menyiapkan Modul Ajar, serta mengikuti lokakarya yang diadakan oleh pemerintah. Adapun problem pada kurikulum ini yakni, kurangnya SDM, adanya guru yang gagap teknologi, kurangnya kesiapan guru, problematika dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada pembelajaran. Cara mengatasi problematika tersebut salah satunya dengan mencari sumber di media sosial, mengikuti KKG, mengikuti pendampingan PMO, mengadakan les, membuat catatan penting, melakukann pretest, serta mengikuti pelatihan terkait Kurikulum Merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SDN 03 Wringin anom telah menerapkan kurikulum merdeka. Kesimpulan ini berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian. Saran setelah penelitian selesai, semoga dapat meningkatkan kembali pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan kurikulum yang sedang diberlakukan. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mohammad Khalifar Madani
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:50
Last Modified: 30 Jun 2025 07:50
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item View Item