cholifa, nur cholifa (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MATERI KONSEP SIKLUS AIR DI SD NEGERI 4 CURAH TATAL KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF VIDEO CRITIC KELAS V SD NEGERI 12 MIMBAAN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022.
![]() |
Text
JURNAL NUR CHOLIFAH.docx Download (87kB) |
![]() |
Text
JURNAL_NUR_CHOLIFAH_2025.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
Nur khalifah sidang.pdf Download (328kB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Chalifah, 2023. Peningkatan hasil belajar IPA melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas 5 Materi Konsep Siklus air di SD Negeri 4 Curah Tatal Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2022/2023, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan, Universitas Abduracman Shaleh Situbondo. Dosen pembimbing satu Aenor Rofek, M.Pd dan Dosen pembimbing dua Vidya Pratiwi, M.Pd Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Picture and Picture SD Negeri 4 Curah Tatal Arjasa Situbondo masalah tersebut harus ditanggulangi. Karena terlihat dari hasil yang diperoleh kurang maksimal. Siswa yang tuntas sesuai KKM ada 10 orang dan yang belum tuntas KKM sejumlah 10 orang dari 20 siswa dengan KKM yang telah di tetapkan adalah 70. Jenis peneltiian menggunakan PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tondakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture materi konsep siklus air kelas 5 di SD Negeri 4 Curah Tatal kecamatan Arjasa kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2022/2023 sangat efektif karena siswa mengurutkan sebuah gambar-gambar yang berisi beberapa onsep atau topik yang cocok untuk sesi review, model pembelajaran ini mengadalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran, sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar. Peneliti memilih model picture and picture karena model ini merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. 2) Ada peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran picture and picture sebesar 25% dari 70% siklus I menjadi 95% siklus II materi konsep siklus air kelas 5 di SD Negeri 4 Curah Tatal kecamatan Arjasa kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2022/2023
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nur cholifa |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:14 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |