Ulfatul, Karimah (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN APLIKASI WORDWALL DI SD ISLAM AL ABROR TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
![]() |
Text
Artikel_Ulfatul Karimah_202010039.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text
Pernyataan Orsinalitas Ulfatul Karimah.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
ulfatul karimah.pdf Download (900kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang didukung oleh aplikasi Wordwall di SD Islam Al-Abror. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model perencanaan berdasarkan kerangka kerja Kemmis dan Taggart. penelitian ini melibatkan subjek penelitian yaknisiswa dari kelas IV SD Islam Al-Abror dengan jumlah 27 siswa. Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ini terbukti berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, yang berdampak langsung pada peningkatan hasil belajar mereka. Perubahan nilai siswa pada mata pelajaran Matematika, di mana sebelumnya nilai mereka belum memenuhi kriteria ketuntasan. Setelah pendekatan kontekstual diterapkan pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa 57,2. Selanjutnya, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dengan rata-rata yang lebih tinggi 80,8. Keberhasilan ini memenuhi kriteria penelitian sehingga peneliti tidak perlu melakukan tindakan pada siklus III dan penelitian dihentikan. Dalam proses pembelajaran Matematika penerapan Metode kontekstual ini mampu mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman pada materi secara efektif. Melalui model ini siswa dapat untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya dengan berani sehingga meningkatkan keaktifan selama berlangsungnya proses pembelajaran di kelas. The aim of this research is to see whether there is an increase in mathematics learning outcomes for fourth grade students through a contextual approach with the help of the Wordwall application at Al-Abror Islamic Elementary School. The method used in this research is the classroom action method (PTK), the design used in the research This is the kemmis and taggart model, this research involved research subjects namely students from class IV of Al-Abror Islamic Elementary School with a total of 27 students. The application of the CTL learning model has been proven to increase student activity so that there is an increase in student learning outcomes. This can be seen from changes in student scores in Mathematics subjects which initially did not reach the criteria for completion. After applying the contextual approach in cycle I, the average student learning outcome was 57.2. After making improvements in cycle II there was a significant increase by reaching an average of 80.8. This success met the research criteria so that researchers did not need to take action in cycle III and the research was stopped. In the Mathematics learning process, the application of this contextual method is able to encourage students to develop an understanding of the material effectively. Through this model, students can ask questions and express their opinions boldly, thus increasing activeness in the learning process in the classroom.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Kontekstual, Aplikasi Wordwall |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ulfatul Karimah |
Date Deposited: | 08 May 2025 06:56 |
Last Modified: | 08 May 2025 06:56 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |