Nur, Hasanah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
![]() |
Text
202010023_Nur Hasanah .pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
jurnal Nur Hasanah revisi ke 3_122032.pdf Download (681kB) |
![]() |
Text
Pernyataan Orisinalitas _Nur Hasanah .pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
jurnal_Nur_Hasanah_revisi_ke_3_122032 (1).pdf Download (764kB) |
Abstract
Nur Hasanah, 2024, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Panarukan. Sarjana Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Amalia Risqi Puspitaningtyas, M.Psi dan Aenor Rofek, M.Pd. Model pembelajaran Problem Based Learning yakni model pembelajaran yang dapat mendorong atau memotivasi siswa untuk selalu aktif dan mencari solusi pada sebuah masalah yang telah diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Panarukan. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertempat di SD Muhammadiyah 1 Panarukan, penelitian ini terdiri dari empat fase yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan atau tindakan, tahap pengamatan dan tahap terakhir adalah refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini mengunakan analisa data kuantitatif dan analisa deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, hasil peningkatan dari tiap siklus sangat signifikan, pada siklus I rata-rata yang didapatkan oleh siswa sebesar 62 terdapat 6 siswa tuntas dan 26 siswa tidak tuntas pada siklus ini. Siklus kedua rata-rata yang didapatkan oleh siswa sebesar 83 dengan rincian 3 siswa tidak tuntas dan 20 siswa tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, sehingga siswa dapat belajar memecahkan masalah dan siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran seingga hal ini berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Nur Hasanah, 2024, Application of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model in Improving Student Learning Outcomes in Grade IV Mathematics at SD Muhammadiyah 1 Panarukan. Bachelor of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Abdurachman Saleh Situbondo University. Amalia Risqi Puspitaningtyas, M.Psi and Aenor Rofek, M.Pd. The Problem Based Learning learning model is a learning model that can encourage or motivate students to always be active and find solutions to a problem that has been given. The formulation of the problem in this study is how the learning outcomes of students after the implementation of the Problem Based Learning learning model for grade IV students of SD Muhammadiyah 1 Panarukan. The method used by the author in writing this thesis is a class action research located at SD Muhammadiyah 1 Panarukan, this research consists of four phases, namely the planning stage, the implementation or action stage, the observation stage and the last stage is reflection. The data collection techniques used are observation, interviews, field notes, tests and documentation. The data analysis in this study uses quantitative data analysis and qualitative descriptive analysis. The result of this study is that student learning outcomes increase in each cycle using the Problem Based Learning learning model, the results of the increase from each cycle are very significant, in the first cycle the average obtained by students is 62 there are 6 students who complete and 26 students who do not complete this cycle. The average second cycle obtained by students was 83 with details of 3 students who did not complete and 20 students who completed. So it can be concluded that the application of the Problem Based Learning learning model can improve student learning outcomes in mathematics subjects, so that students can learn to solve problems and students are more enthusiastic in participating in learning so that this has a positive impact on student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci Model pembelajaran, Problem Based Learning, hasil belajar Keyword Learning model, Problem Based Learning, learning outcomes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nur Hasanah |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:31 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:31 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |