Siti Amilia Nurjannah, Amilia and Dr. Reky Lidyawati, M.Pd.I, Reky and Afif Amroellah, S.Pd.,M.Pd, Afif (2025) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS VI DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SD NEGERI 9 PATOKAN. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
![]() |
Text
Jurnal Siti Amilia Nurjannah.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
Skripsi SitiAmiliaNurjannah.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Turnitin Jurnal Siti Amilia Nurjannah.pdf.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS SITI AMILIA NURJANNAH.pdf Download (366kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Kesulitan Guru Kelas VI Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di SD Negeri 9 Patokan dilatarbelakangi oleh kesulitan guru kelas VI dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital pada saat proses pembelajaran. Yang mana dalam hal ini media pembelajaran memegang peran penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami serta menganalisis secara mendalam kesulitan guru kelas VI dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Pada umumnya penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama: Guru mengalami kesulitan mendesain dan merancang media pembelajaran berbasis digital, kesulitan dalam mengimplementasikan, tidak adanya kreatifitas, dan kurangnya sarana dan prasarana. Kedua: adanya faktor intrenal seperti tidak punya kemampuan dalam mendesain media pembelajaran bernasis digital, kurangnya pemahaman dalam penggunaan software atau aplikasi yang ada, daya ingat yang menurun, ketinggalan trend, faktor usia, tidak mahir menggunakan alat teknologi dan juga faktor ekternal antara lain fitur software yang rumit, kurangnya tersedianyaalat teknologi yang memadai, koneksi internet dan kurangnya pelatihan, workshop, seminar terkait media pembelajaran berbasis digital. Kata kunci : kesulitan guru, media pembelajaran berbasis digital ABSTRACT This study is entitled Analysis of the Difficulties of Class VI Teachers in the Use of Digital-Based Learning Media in SD Negeri 9 Patokokan is motivated by the difficulties of grade VI teachers in using digital-based learning media during the learning process. Which in this case learning media plays an important role in the teaching and learning process. This study aims to know, understand and analyze in depth the difficulties of grade VI teachers in using digital-based learning media. The research method used in this thesis uses a qualitative approach research method to describe the problems and focus of the research. In general, qualitative research is descriptive and tends to use analysis. Based on the results of the study, it can be concluded, first: Teachers experience difficulties in designing and designing digital-based learning media, difficulties in implementing, lack of creativity, and lack of facilities and infrastructure. Second: the existence of intrinsic factors such as lack of ability to design digital learning media, lack of understanding in the use of existing software or applications, decreased memory, lagging behind trends, age factors, not being proficient in using technological tools and also external factors such as complicated software features, lack of availability of adequate technological tools, internet connection and lack of training, workshops, seminars related to digital-based learning media. Keywords: teachers' difficulties, digital-based learning media
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Siti Amilia Nurjannah |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:42 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:42 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |