ANALISIS IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA INSAN

Gusti Alamsyah, Rhamadana ANALISIS IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA INSAN. ANALISIS IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA INSAN.

[img] Text
202010044_Rhamadana Gusti Alamsyahh.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text
202010044_Rhamadana_Gusti_Alamsyah.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text
Orisinalitas.pdf - Published Version

Download (481kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk karakter pelajar sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila di SD Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan Situbondo. Fokus penelitian diarahkan pada dua program unggulan sekolah, yaitu Bina Pribadi Islam (BPI) dan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua program tersebut secara efektif menginternalisasikan nilai-nilai karakter seperti religius, mandiri, disiplin, peduli, menghargai prestasi, dan tanggung jawab pada siswa. Kegiatan MABIT secara khusus berperan penting dalam membentuk spiritualitas dan moralitas siswa melalui pengalaman langsung dan pembiasaan. Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah yang kondusif serta keterlibatan guru dan orang tua, sedangkan kendala utama adalah keterbatasan sarana dan struktur tim pelaksana. Temuan ini mengindikasikan bahwa penguatan karakter berbasis Profil Pelajar Pancasila dapat diimplementasikan secara efektif melalui pendekatan kontekstual dan kolaboratif di sekolah dasar Islam terpadu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Rhamadana Gusti Alamsyah
Date Deposited: 21 May 2025 05:19
Last Modified: 21 May 2025 05:19
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item