PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS 5 DI SDN 2 TREBUNGAN DI KABUPATEN SITUBONDO PADA PEMBELAJARAN IPAS TAHUN AKADEMIK 2023-2024

Iswahyudi, Ghautsi PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS 5 DI SDN 2 TREBUNGAN DI KABUPATEN SITUBONDO PADA PEMBELAJARAN IPAS TAHUN AKADEMIK 2023-2024. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS 5 DI SDN 2 TREBUNGAN DI KABUPATEN SITUBONDO PADA PEMBELAJARAN IPAS TAHUN AKADEMIK 2023-2024.

[img] Text
artikel 38%.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text
artikel.pdf - Published Version

Download (745kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas Skripsi.pdf - Published Version

Download (285kB)

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu pendekatan yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran secara lebih mendalam. Dalam penerapannya, guru menyusun rencana pembelajaran, siswa didorong untuk merumuskan permasalahan, dan guru berperan memberikan arahan serta bimbingan yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, di mana melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, namun tanpa adanya pengendalian penuh terhadap variabel luar. Pada kelas eksperimen, diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing guna mengamati pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa. Sementara itu, kelas kontrol mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran konvensional (ceramah) untuk membandingkan hasilnya. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini tercermin dari rata-rata hasil belajar siswa, yaitu kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,5, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 58,5. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,924, yang lebih besar dari t tabel sebesar 2,021. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V di SDN 2 Trebungan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo pada tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: ISWAHYUDI GHAUTSI
Date Deposited: 02 May 2025 04:18
Last Modified: 02 May 2025 04:18
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item