PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM TERPADU NURUL ANSHAR TAHUN 2024

Veni, Qomariah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM TERPADU NURUL ANSHAR TAHUN 2024. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text
Nama. Veni Qomaria, NPM. 202010061 (2) (1).pdf

Download (340kB)
[img] Text
Nama. Veni Qomaria, NPM. 202010061 (1).pdf

Download (243kB)
[img] Text
Nama.Veni Qomaria,NPM.202010061.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas III Dalam Kurikulum Merdeka Di SD Islam Terpadu Nurul Anshar Tahun 2024. Sekolah yang digunakan untuk penelitian adalah SD Islam Terpadu Nurul Anshar dimana untuk kelas IIIB digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas III Tahfidz sebagai kelas kontrol. Metode penelitian memakai post test siswa diakhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Picture and Picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pengolahan data. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal = 0,271<0,33169 untuk post tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji homogenitas varians menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah = F hitung 0,490758< F tabel 0,547041 artinya data tersebut homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis. untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol adalah = 18>0,15s sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa “Model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III di SD Islam Terpadu Nurul Anshar”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Mata Pelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Veni Qomaria
Date Deposited: 02 May 2025 03:23
Last Modified: 02 May 2025 03:23
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item