akbar, saiful and efendi, dodik HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH DAWUHANKECAMATAN SITUBONDO. Dharmas Education Journal (DE_Journal).
![]() |
Text
PENELITIAN.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
PENELITIAN HASIL TURNITIN (1)_.pdf Download (241kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan Kecamatan Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran Matematika SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan Kecamatan Situbondo. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan. Sampel diambil sebanyak 16 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment. Setelah melakukan penelitian dan memperoleh data, kemudian menganalisis data hasil angket dan hasil belajar siswa maka diperoleh r hitung sebesar 0,932, sedangkan r tabel sebesar 0,532 pada N = 16 dengan taraf signifikan 5% berarti rhitung > rtabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan Kecamatan Situbondo.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Matematika |
Depositing User: | Syaiful Akbar |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 06:10 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 06:10 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |