Putu Eka, Suarmika and Vidya Pratiwi,, M.Pd (2024) Determinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Interaktif PhET Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9 (2). pp. 67-71. ISSN 2477-8435
![]() |
Text
4._Jurnal_Pendidikan_Dasar_Indonesia_-_Sinta_4 (16%).pdf Download (904kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif PhET terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA yang dilaksanakan di SDI Al – Abror Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design dan teknik pengambilan sampel berupa random sampling yang terdiri dari kelas VIA (kelas eksperimen) dengan jumlah 26 dan kelas VI-C (kelas kontrol) dengan jumlah 24 sehingga total sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan literasi sains dengan taraf signifikan 5%, uji – t nilai post – test kedua kelas menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,46 dan ttabel sebesar 2,03 dengan thitung > ttabel maka hasil keputusan Ho ditolak dan H1 diterima. Dan nilai rata – rata hasil kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen sebesar 87,69 lebih baik dibanding kelas kontrol sebesar 75,91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif PhET terdapat pengaruh secara signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | vidya pra tiwi |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 13:14 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 13:14 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |