Pengaruh Model problem based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas IV sd Gugus 3 asembagus

Krishna Yudha Pratama, Krishna Pengaruh Model problem based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas IV sd Gugus 3 asembagus. Pengaruh Model problem based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas IV sd Gugus 3 asembagus.

[img] Text
Orisinalitas_Krishna Yudha Pratama_202010024.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
turnitin artikel.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text
turnitin jurnal.pdf - Published Version

Download (559kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis kelas (PBL) berdampak pada hasil belajar mata pelajaran IPAS di kelas IV Gugus 3 Asembagus karena tidak ada variasi dalam pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam pelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Siswa di kelas IV SD Negeri 1 Awar-Awar, yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas ekperimen, dan siswa di kelas IV SD Negeri 1 Kertosari, yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol, terlibat dalam penelitian ini. Sampel diambil secara acak. Tes hasil belajar siswa digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen rata-rata 84, sedangkan hasil belajar siswa di kelas kontrol rata-rata 61,9. Hasil uji t-test juga mengkonfirmasi hal ini. Pada postest kedua kelas, ada nilai thitung 26,3 dan nilai ttabel 2,03. Jika thitung lebih besar dari ttabel, hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model PBL berbeda dengan siswa yang diajar tanpa model PBL.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Krishna Yudha Pratama
Date Deposited: 06 Mar 2025 05:05
Last Modified: 06 Mar 2025 05:05
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item