PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 1 DAWUHAN, KABUPATEN SITUBONDO

Siti Nursalsabila, Salsa PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 1 DAWUHAN, KABUPATEN SITUBONDO. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 1 DAWUHAN, KABUPATEN SITUBONDO.

[img] Text
Siti Nursalsabila_202010031_2024_Jurnal.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Siti Nursalsabila_202010031_2024_Turnitin.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Siti Nursalsabila_202010031_Orisinalitas.pdf

Download (240kB)

Abstract

Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 1 Dawuhan, Kabupaten Situbondo, merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan eksperimen semu sebagai metodologi penelitiannya. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif menitikberatkan pada analisis angka-angka dan data-data numerikal yang diolah dengan teknik statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Dawuhan, Kabupaten Situbondo. Uji t, uji homogenitas, dan uji normalitas data merupakan metode analisis data yang digunakan. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,66 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67,38, temuan penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD berdampak pada hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 1 Dawuhan, Kabupaten Situbondo. Hasil perhitungan uji-t juga menunjukkan hal tersebut. Nilai post-test kedua kelas menunjukkan nilai ttabel sebesar 2,032 dan thitung sebesar 5,879. Dengan kata lain, Ho ditolak dan H1 diterima karena thitung > ttabel..

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Siti Nursalsabila
Date Deposited: 12 Mar 2025 04:04
Last Modified: 12 Mar 2025 04:04
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item