Siti Nursalsabila, Salsa PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 1 DAWUHAN, KABUPATEN SITUBONDO. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 1 DAWUHAN, KABUPATEN SITUBONDO.
![]() |
Text
Siti Nursalsabila_202010031_2024_Jurnal.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
Siti Nursalsabila_202010031_2024_Turnitin.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Siti Nursalsabila_202010031_Orisinalitas.pdf Download (240kB) |
Abstract
Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 1 Dawuhan, Kabupaten Situbondo, merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan eksperimen semu sebagai metodologi penelitiannya. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif menitikberatkan pada analisis angka-angka dan data-data numerikal yang diolah dengan teknik statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Dawuhan, Kabupaten Situbondo. Uji t, uji homogenitas, dan uji normalitas data merupakan metode analisis data yang digunakan. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,66 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67,38, temuan penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD berdampak pada hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 1 Dawuhan, Kabupaten Situbondo. Hasil perhitungan uji-t juga menunjukkan hal tersebut. Nilai post-test kedua kelas menunjukkan nilai ttabel sebesar 2,032 dan thitung sebesar 5,879. Dengan kata lain, Ho ditolak dan H1 diterima karena thitung > ttabel..
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Siti Nursalsabila |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 04:04 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 04:04 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |