IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEVITA (PELAYANAN INFORMASI PERTANYAAN DAN PENGADUAN VIA WHATSAPP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SITUBONDO

Hanik Anggraini, Sanjayawati (2025) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEVITA (PELAYANAN INFORMASI PERTANYAAN DAN PENGADUAN VIA WHATSAPP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SITUBONDO. Other thesis, UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO.

[img] Text
SKRIPSI HANIK ANGGRAINI 202014008.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI 202014008.pdf

Download (334kB)
[img] Text
sudah turnitin JURNAL SKRIPSI Hanik A. 202014008.pdf.pdf

Download (390kB)

Abstract

Indonesia Abstrak Sistem informasi pelayanan publik merupakan suatu rangkaian kegiatan yang meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara kepada masyarakat. Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo telah menggunakan sistem informasi dengan memanfaatkan salah satu platform whatsapp sebagai media pelayanan yang diberi nama PEVITA (Pelayanan Informasi Pertanyaan dan Pengaduan Via WhatsApp). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi yang efektif dan efisien melalui program PEVITA dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi PEVITA.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Data yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan menggunakan beberapa item, diantaranya Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan dan Kepuasaan Pengguna. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Implementasi PEVITA memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan sehingga bisa dikatakan implementasi sistem informasi PEVITA cukup efektif dan juga efisien. Masyarakat merasa lebih mudah dan cepat dalam memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan dibandingkan dengan sistem manual sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang cukup disayangkan dalam sistem Informasi PEVITA ini terkait sistem sering mengalami eror yang menghambat penyampaian informasi dan terkait dengan format pengiriman pesan yang dianggap rumit oleh masyarakat. Dengan demikian, diharapkan sistem informasi PEVITA dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih baik demi kepuasan masyarakat Kabupaten Situbondo. Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan, PEVITA English Abstract The public service information system is a series of activities that include storing and managing information as well as mechanisms for conveying information from organizers to the public. The Population and Civil Registration Service of Situbondo Regency has used an information system by utilizing one of the WhatsApp platforms as a service medium called PEVITA (Inquiries and Complaints Information Service Via WhatsApp). This research aims to determine the implementation of an effective and efficient information system through the PEVITA program and also to determine the supporting and inhibiting factors for PEVITA implementation. The research method used is a descriptive research method with a qualitative approach. The data obtained was then analyzed qualitatively by reviewing all the data that had been collected which was supported by the results of interviews using several items, including System Quality, Information Quality, Service Quality, Usage and User Satisfaction. The results of the research conducted show that the implementation of PEVITA has had a positive impact on improving service quality so that it can be said that the implementation of the PEVITA information system is quite effective and also efficient. People find it easier and faster to obtain information and submit complaints compared to the previous manual system. However, there are several things that are quite unfortunate in the PEVITA Information system, related to the system often experiencing errors that hinder the delivery of information and related to the message delivery format which is considered complicated by the public. Thus, it is hoped that the PEVITA information system can continue to be developed and improved to provide much better services for the satisfaction of the people of Situbondo Regency. Keywords: Implementation, Service, PEVITA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Hanik Anggraini Sanjayawati
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:15
Last Modified: 25 Feb 2025 06:15
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item View Item