pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 1 Besuki

Zainuddin, Zain (2024) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 1 Besuki. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text
JURNAL (Zainuddin) 202010055.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Hasil Turnitin (Zainuddin) 202010055.pdf

Download (851kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas .pdf

Download (70kB)

Abstract

Abstrak Hasil belajar memiliki makna pencapaian taraf keberhasilan yang telah di dapatkan setelah mengikuti proses belajar yang telah dilalui oleh seseorang, tidak berhenti sampai di angka akhir yang telah dicapai namun hasil belajar juga dapat dilihat dari perubahan pola tingkah laku atau perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang. Pembelajaran di sekolah yang kurang bervariasi, penugasan dan metode ceramah kurang memberikan hasil belajar yang baik dan efektif, hal ini berdasarkan pada kegiatan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together menunjukkan terdapat pengaruh penerapan dibanding dengan Model Konvensional. Nilai ratarata kelas kontrol 60,16 sedangkan kelas eksperimen 64,68. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 1.967 dan ttabel = 1.670 maka thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar.Abstract Learning outcomes refer to the level of success achieved after undergoing a learning process, and they are not limited to the final score obtained. Instead, learning outcomes can also be assessed through the changes in behavior or actions exhibited by an individual. Observations conducted by the researcher indicate that traditional classroom learning, with its limited variety and reliance on lecture-based methods, does not yield optimal and effective learning results. This study aims to determine the impact of implementing the Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together on students' mathematics learning outcomes. The research uses a quantitative method. The findings reveal that the Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together has a significant effect compared to the Conventional Model. The average score for the control class was 60.16, while the experimental class scored 64.68. This is also supported by the results of the t-test calculation for the post-test of both classes, showing that the t-value (1.967) is greater than the t-table value (1.670), thus rejecting the null hypothesis (H0) and accepting the alternative hypothesis (H1). Keywords: Learning Model, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KF United States Federal Law
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Zainuddin
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:13
Last Modified: 13 Jan 2025 07:13
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item