Lailatul, Fitriya (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI P5 GOTONG ROYONG SISWAMELALUI KEGIATAN ECOBRIK DI KELAS V SDN 1 ALASMALANG. ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI P5 GOTONG ROYONG SISWAMELALUI KEGIATAN ECOBRIK DI KELAS V SDN 1 ALASMALANG. (Unpublished)
Text
Artikel ria.pdf Download (336kB) |
|
Text
artikel turnitin Ria.pdf Download (435kB) |
|
Text
orsinalitas ria.pdf Download (265kB) |
Abstract
Abstrak Studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana SDN 1 Alasmalang menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Melalui pengendalian asesmen dan pelaporan hasil observasi dan tindak lanjut, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karate peserta didik. Studi ini menerapkan metodologi kualitatif. Analisis data termasuk pengumpulan, kondensasi, penyajian, dan kesimpulan, serta wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) desain P5m terdiri dari pembentukan tim, menentukan kesiapan sekolah, menentukan dimensi karakter Profil Pelajar Pancasila yang ingin dikuatkan, menentukan tema, merencanakan waktu, alur, asesmen, dan modul; 2) pengelolaan P5 meliputi provokasi dan kontekstualisasi, tindakan P5, dan perayaan hasil belajar; dan 3) pengolahan asesmen dan pelaporan hasil P5 meliputi mengumpulkan, mengolah, dan membuat rapor proyek, dan 4) Dimensi karakter Profil Pelajar Pancasila, yang terutama beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif, dapat dikuatkan melalui evaluasi dan tindak lanjut P5. Abstrak This study examines how the project to strengthen the profile of Pancasila students (P5) is implemented at SDN 1 Alasmalang. The objective of the project is to improve students' abilities in karate by means of assessment control, reporting observation results, and follow-up. Ini adalah penelitian yang menggunakan metode qualitative. Data analysis, including collection, condensation, presentation, and conclusion, uses interactive techniques, including observation, and documentation. 1) The P5m design consists of forming a team, determining school readiness, determining the character dimensions of the Pancasila Student Profile that you want to strengthen, determining the theme, planning time, flow, assessments, and modules; 2) P5 management includes provocation and contextualization, P5 actions, and celebrating learning outcomes; 3) processing assessment and reporting P5 results includes collecting, processing, and creative.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : P5, Ecobric |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Lailatul Fitriya |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:17 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:17 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3169 |
Actions (login required)
View Item |