Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Alasmalang

Sitti Nur, Choliza (2025) Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Alasmalang. Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Alasmalang. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL lisa-1 (1).pdf

Download (393kB)
[img] Text
artikel lisa.pdf

Download (298kB)
[img] Text
pernyataan orsinalitas.pdf

Download (270kB)

Abstract

Abstrak Kurikulum merdeka sudah diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun akademik 2022/2023. Bagaimana proses pembelajaran kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kurikulum merdeka dilaksanakan di SDN 1 Alasmalang, tantangan apa yang dihadapi, dan bagaimana sekolah mengatasi tantangan tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini melibatkan kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas IV di SDN 1 Alasmalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 1 Alasmalang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Proses pembelajaran di SDN 1 Alasmalang berjalan dengan cukup baik. Kurikulum merdeka bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kepribadian dan kompetensi yang baik. dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan minat mereka dalam pelajaran. Selain itu, kurikulum ini berdampak pada tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. dalam menerapkan kurikulum merdeka, yaitu dengan membuat bahan ajar dan Alur pembelajaran ini disusun sebagai kumpulan tujuan pembelajaran dari awal hingga akhir pada setiap fase capaian pembelajaran (CP). Alur ini mencakup modul ajar, penyusunan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP). Susunan ini dilakukan untuk membuat proses atau kegiatan pembelajaran lebih terstruktur dan lebih terarah sehingga memudahkan guru mencapai tujuan pembelajaran. Abstract The Merdeka Curriculum was implemented in schools in Indonesia during the academic year 2022/2023. This study aims to understand how the Merdeka Curriculum is implemented at SDN 1 Alasmalang, the challenges faced, and how the school addresses those challenges. This descriptive qualitative research involves the school principal, class teachers, and fourth-grade students at SDN 1 Alasmalang. A qualitative approach is used in this study. Data collection methods include interviews, observations, and documentation. Analytical techniques are used to analyze the research data. The results indicate that SDN 1 Alasmalang has successfully implemented the Merdeka Curriculum. The learning process at SDN 1 Alasmalang is progressing well. The Merdeka Curriculum aims to develop students with competencies and strong character by providing opportunities for them to explore and express their interests in lessons. Additionally, this curriculum positively impacts student participation in the learning process. In implementing the Merdeka Curriculum, teachers create teaching materials by developing learning devices. The learning pathway is structured as a series of learning objectives from the beginning to the end of each phase of a learning achievement (CP), serving as a guide for both teachers and students. This includes the preparation of learning achievements (CP), learning objectives (TP), learning objective pathways (ATP), and teaching modules. This organization aims to make the learning process structured and more directed, facilitating teachers in achieving the learning objectives.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Proses pembelajaran, Kurikulum merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sitti nur Choliza
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:16
Last Modified: 10 Jan 2025 08:16
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3167

Actions (login required)

View Item View Item