Karinnisa Tri, Queentaria (2025) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDN 2 PATOKAN. Other thesis, Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo.
Text
Artikel Karin.pdf Download (648kB) |
|
Text
Artikel Karin.docx.pdf Download (681kB) |
|
Text
DOC-20250107-WA0012..pdf Download (431kB) |
Abstract
Abstrak Dalam penelitian yang berjudul Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 SDN 2 Patokan Situbondo, peneliti menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal berbentuk "angka dan soal cerita" serta mengalami kesulitan memahami materi pecahan yang disampaikan oleh guru. Siswa masih belum dapat menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang ditunjukkan oleh nilai yang mereka peroleh dari kelas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kemampuan numerasi siswa di kelas lima ketika mereka menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Role playing. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen semu, atau quasi eksperimen. Pendekatan kuantitatif adalah jenis penelitian yang mementingkan hasil dan menitikberatkan pada hasil. Laporan ini dibuat dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat diukur menggunakan angka dan statistik. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model peran bermain memiliki pengaruh yang signifikan atau signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa. Kemampuan numerasi siswa dalam kelas eksperimen rata-rata 75,85, sedangkan nilai kontrol 64. Hal ini juga terkonfirmasi melalui hasil uji t-test, di mana nilai thitung pada posttest kedua kelas adalah 10,99 sedangkan ttabel adalah 2,021. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima karena thitung lebih besar dari ttabel. ABSTRACT In research entitled The Influence of Role Playing Models on Numeracy Ability in Grade 5 Mathematics Learning at SDN 2 Patokan Situbondo, researchers found that students had difficulty working on questions in the form of "numbers and story problems" and had difficulty understanding the fraction material presented by the teacher. Students are still unable to apply mathematical concepts in everyday life, as shown by the grades they obtain from their classes. The aim of this research is to determine the numeracy abilities of students in fifth grade when they use conventional learning models and role playing learning models. The research in this thesis uses a quantitative approach, with quasi-experimental or quasiexperimental methods. A quantitative approach is a type of research that prioritizes results and focuses on results. This report is created by collecting and analyzi ng data that can be measured using numbers and statistics. Based on research findings, it can be concluded that role playing models have a significant or significant influence on students' numeracy abilities. The numeracy ability of students in the experimental class averaged 75.85, while the control score was 64. This was also confirmed through the results of the t-test, where the t-count value in the post-test for both classes was 10.99 while the t-table was 2.021. Thus, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted because tcount is greater than ttable.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Role Playing, Kemampuan Numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Karinnisa Tri Queentaria |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:11 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3162 |
Actions (login required)
View Item |