Siti, Nur Holifa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI. Diploma thesis, Universitas Abdurachman Saleh.
Text
SITI NUR HOLIFA SKRIPSI (202010050) (1).pdf Download (4MB) |
|
Text
ARTIKEL BARU SITI NUR HOLIFAdocx.pdf Download (280kB) |
|
Text
CamScanner 04-01-2025 15.23.pdf Download (297kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum konsisten pada Mata Pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 1 Panji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. komunitas statistik untuk penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas lima Muhammadiyah satu Panji dengan sampel kelas V Shofa sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan Model pembelajaran penemuan dan kelas V Arofah menjadi kelas kontrol yang menggunakan Model pembelajaran ceramah. sampel itu dilakukan secara acak. Data survei dikumpulkan dengan cara menguji hasil belajar siswa. Pernyataan sementara yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dilatih dengan model pembelajaran Discovery learning dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning. ABSTRAK This research was motivated by inconsistent student learning outcomes in the Science Subject. The aim of this research is to improve the Science and Science Learning Outcomes of Class V Students at SD Muhammadiyah 1 Panji. This research is a type of quasi-experimental research. The population in this study were all class V students at SD Muhammadiyah 1 Panji with a sample of class V Shofa as the experimental class which used the Discovery Learning learning model and class V Arofah as the control class which used the conventional learning model. The samples taken were random. Research data was collected through student learning achievement tests. The proposed hypothesis was tested using the t-test. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that there are differences in the learning outcomes of students who are taught using the Discovery Learning Learning Model and the learning outcomes of students who are taught without using the Discovery Learning Model.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Siti Holifa Nur |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 05:43 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 05:43 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3142 |
Actions (login required)
View Item |