Nurul, Khotima (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM. Other thesis, Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo.
Text
Hasil turnitin.pdf Download (316kB) |
|
Text
Orisinalitas.pdf Download (461kB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (243kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Integral Luqman Al Hakim. Sekolah yang digunakan dalam penelitian ini adalah SD Integral Luqman Al Hakim, penelitian ini membandingkan kelas IV B (sebagai kelompok uji coba) dengan kelas IV A ( sebagai kelompok pembanding). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pengukuran setelah perlakuan (post test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelanggaran lingkungan masyarakat. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai L hitung 0,21 < L tabel 0,22 post test kelas eksperimen dan L hitung 0,14 < L tabel 0,19 post test kelas kontrol. Hasil uji homogenitas menunjukkan f hitung 1,59 < F tabel 2,40 homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa T tabel 0,15 < T hitung 27 jadi dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa “model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Integral Luqman Al Hakim. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar IPAS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Khotima |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 04:26 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 04:26 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3133 |
Actions (login required)
View Item |