Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 3 Patokan Situbondo

Syifana, Qolbun Zam Zami (2024) Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 3 Patokan Situbondo. Other thesis, UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO.

[img] Text
jurnal SyifanaQz pdf2.pdf

Download (481kB)
[img] Text
jurnal hasil turnitin SyifanaQz.pdf

Download (561kB)
[img] Text
pernyataan orisinalitas SyifanaQz.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas IV di SD Negeri 3 Patokan Situbondo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Subjek peneliatian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan setiap hari selasa selama 4 kali pertemuan yakni pada tanggal 7, 14, 21, dan 28 mei 2024 pada pukul 10.00-12.00 WIB. Penelitian ini memperoleh data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada program Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan memberikan kebebasan dan kemandirian kepada peserta didik dalam memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka. Transformasi ini menekankan pentingnya kesejahteraan dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Salah satu aspek yang diperkenalkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar ialah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik dengan berbagai tingkat kemampuan, minat, dan kebutuhan yang beragam dengan penerapan metode, media dan sumber belajar yang bervariasi dapat mangakomodasi berbagai gaya belajar peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Berdasarkan pengumpulan data dan pembahasan analisis pembelajaran berdiferensiasi sudah dapat meningkatkan minat belajar peserta didik serta dalam pembelajaran peserta didik mampu mengeksplor sesuai dengan minat, gaya belajar dan kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KF United States Federal Law
Depositing User: Syifana Qolbun Zam Zami
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:59
Last Modified: 03 Jan 2025 03:59
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item