Gisca Dewi, Susilowati PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV di SD NEGERI 1 TALKANDANG TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS. ISSN 2656-4459 (Unpublished)
Text
PERNYATAAN ORSINALITAS.pdf Download (3MB) |
|
Text
TURNITIN JURNAL GISCA.pdf Download (818kB) |
|
Text
JURNAL GISCA DEWI-202010051-PGSD 8C FIX .pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Talkandang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Prosedur penyelidikan informasi yang digunakan adalah informasi subjektif yang tidak salah lagi dan informasi penjelasan kuantitatif. Untuk informasi subjektif memanfaatkan lembar persepsi terhadap pelaksanaan model PBL, wawancara, dokumentasi. Sementara itu, informasi kuantitatif berasal dari konsekuensi menghilangkan pertanyaan-pertanyaan penalaran yang menentukan dengan titik puncak individu dan pemenuhan kelompok. Ketuntasan individu lebih tinggi dari rata-rata KKTP dengan nilai 80,8, hal ini terlihat dari hasil ketuntasan klasikal yang menunjukkan lebih tinggi dari kriteria minimal klasikal. Kesimpulannya, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan akibat penerapan model PBL pada kelas IV IPA SD Negeri 1 Talkandang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | GISCA DEWI SUSILOWATI |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:00 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:00 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/3092 |
Actions (login required)
View Item |