Erinda, Nur Kharimah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS (ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL) KELAS IV DI GUGUS 3 JANGKAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
![]() |
Text
ERINDA NUR KHARIMAH_201910031_2024_JURNAL.pdf Download (835kB) |
![]() |
Text
ERINDA NUR KHARIMAH_201910031_2024_TURNITIN.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
ERINDA NUR KHARIMAH_201910031_2024_PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf Download (236kB) |
Abstract
ABSTRAK Erinda Nur Kharimah. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Kelas IV di Gugus 3 Jangkar Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. DP1 Amalia Risqi Puspitaningtyas, M.Psi. DP2 Dr. Putu Eka Suarmikan, S. T., M. Pd Kata Kunci : Model Think Pair and Share, IPAS, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair and Share pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV gugus 3 Jangkar. Sekolah yang digunakan untuk penelitian adalah SD Negeri 1 Kumbangsari sebagai kelas kontrol dan SD Negeri 2 Kumbangsari sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Post Test Only. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair and Share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal yakni sig = 0,200 untuk post tes kelas ekperimen dan sig= 0,094 untuk post tes kontrol. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikanso pada based on Mean adalah 0,623 yang artinya data homogen. Hasil uji-T menunjukkan sig (2-tailed) 0,000. Yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpullkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model Think Pair And Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV gugus 3 Jangkar”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KF United States Federal Law |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erinda Nur Kharimah |
Date Deposited: | 02 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 02 May 2025 03:59 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |